Friday, January 11, 2019

UAS ITK S.1 (WORD)





KAJIAN KEBUTUHAN FAMILY CENTERED CARE
DALAM PERAWATAN BAYI SAKIT KRITIS DI NEONATAL
INTENSIVE CARE UNIT



OLEH:
NOOR PUTRI ELLIYA
NIM 1803064





PROGRAM STUDI S-1 KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN KARYA HUSADA
SEMARANG
2019





            Sistem perawatan bayi di NICU memberikan dampak negatif bagi bayi dan orang tua. Upaya yang dapat dikembangkan untuk meminimalkan dampak tersebut yaitu dengan mengaplikasikan family centered care (FCC). Langkah pertama upaya tersebut adalah mengidentifikasi kebutuhan orang tua. Penelitian bertujuan mengidentifikasi kebutuhan FCC dalam perawatan bayi sakit kritis di NICU. Penelitian dilaksanakan di NICU Rumah Sakit Pemerintah Wilayah Bandung Raya. Orang tua memiliki urutan prioritas kebutuhan terhadap kepastian (M=3,90), informasi (M=3,82), kedekatan (M=3,76), dukungan (M=3,49), dan kenyamanan (M=3,37). Pada penelitian didapatkan dalam melakukan asuhan keperawatan, selain meningkatkan pelayanan terhadap bayi, perawat harus memerhatikan kebutuhan orang tua terkait jaminan kepastian bayinya mendapatkan perawatan terbaik, penyampaian informasi dengan komunikasi terbuka, dan menjalin kontak dengan bayi. Dengan mengidentifikasi kebutuhan orang tua, dapat menuntun perawat mengintegrasikan kebutuhan orang tua kedalam FCC sehingga orang tua dapat memenuhi kebutuhannya, mendapatkan kepuasan, dan meningkatkan kualitas hidup bayi.
Kata kunci: Bayi sakit kritis, kebutuhan orang tua, perawatan berpusat pada keluarga.



Table 1. Nilai mean kebutuhan orang tua dengan bayi sakit kritis yang mengalami perawatan di NICU RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dan RSUD Majalaya (n=45)
DIMENSI KEBUTUHAN
RENTANG
NILAI MEAN
STANDAR DEVIASI
Kepastian
3,78-4,00
3,90
0,12
Informasi
3,70-3,98
3,83
0,15
Kedekatan
3,11-3,96
3,76
0,14
Dukungan
2,98-3,88
3,49
0,16
Kenyamanan
2,91-3,98
3,37
0,24


            Hasil penelitian ini menyarankan kepada perawat ruangan NICU untuk lebih memberikan perhatian terhadap pemenuhan kebutuhan orang tua dengan bayi sakit kritis pada berbagai dimensi kebutuhan orang tua, terutama dimensi kebutuhan terhadap kepastian, informasi, dan kedekatan karena orang tua merupakan bagian dari perawatan bayi di NICU sehingga FCC dapat diaplikasikan dengan baik. Perasaan ketidakpastian yang dirasakan orang tua dapat diminimalisir dengan peran perawat untuk menciptakan lingkungan yang saling percaya dan mendukung dimana keluarga diakui sebagai bagian penting dari perawatan bayi dan pemulihannya; memberikan jaminan bahwa bayi mendapatkan perawatan yang terbaik dengan memberikan penjelasan atau informasi secara rutin, jelas, mudah dipahami, dan sejujur-jujurnya mengenai prognosis bayi kedepannya, tindakan yang dilakukan pada bayi, dan perkembangan kondisi bayi; komunikasi terapeutik; menunjukkan kompetensi dalam merawat bayi; mengijinkan dan menghargai kehadiran orang tua di NICU untuk dekat dengan bayi dan memberikan sentuhan kepada bayi; menjalin hubungan baik dengan orang tua; sikap empati; dan hadir pada saat orang tua membutuhkan bantuan.



No comments:

Post a Comment